Minggu, 14 November 2010

Because Of You

Pemain:
Baron Chen as Sun Fan
Megan Lai as Yu You Tong
Lego Li as Fang Zi Hou
Tanaka Chie as Xiao Zen

Drama ini bercerita tentang kisah perjalanan hidup Sun Fan. Dia bekerja sebagai pemeran pengganti (stuntman). Dia bercita-cita menjadi seorang actor dan ditentang oleh ayahnya yang seorang rentenir dan ketua geng. Sejak kecil, Sun Fan sudah ditinggal oleh ibunya karena perceraian kedua orangtuanya. Salah satu kenangan Sun Fan dengan sang Ibu adalah kenangan menonton film bersama. Ibunya merupakan penggemar film-film kungfu. Karena itu, Sun Fan bercita-cita menjadi pemain film agar bisa bertemu sang ibu.

Sun Fan memiliki seorang kekasih bernama Xiao Zen yang berprofesi sebagai model pameran. Karena suatu peristiwa Xiao Zen dipilih menjadi model video klip seorang penyanyi terkenal Fang Zi Hou. Fang Zi Hao dikenal playboy dan senang mengencani model-model video klipnya (sumpah ini karakter menggambarkan Jay Chou banget). Bagi Xiao Zen, ini adalah kesempatan baik karena bila dapat menjadi model video klip Zi Haou dipastikan dirinya akan terkenal. Hal ini membuat Sun Fan khawatir, Sun Fan yang menjadi stuntman Zi Hao khawatir jika Zi Haou akan merebut Xiao Zen. Karena suatu kesalahpahaman, Sun Fan mengira Zi Haou merayu Xiao Zen. Sun Fan pun memukul Zi Haou dan terjadi perkelahian di lokasi syuting.

Peristiwa itu direkam oleh Yu You Tong yang merupakan ketua fansclub Zi Haou. You Tong yang bekerja sebagai penata rias mengenali Sun Fan yang pernah menagih hutang ke rumahnya. You Tong yang tidak terima atas perlakuan Sun Fan pada Zi Haou mengupload rekaman itu di blognya dan seketika peristiwa itu menjadi terkenal. Berlawanan dengan keinginan You Tong agar Sun Fan dibenci oleh publik, Sun Fan justru mendapatkan dukungan dan simpati publik. Paras tampan dan kemampuan beladiri Sun Fan membuatnya digemari oleh para gadis remaja.

Karena suatu peristiwa, ayah Sun Fan mengangkat You Tong menjadi anaknya. Ayah Sun Fan percaya keberadaan You Tong akan mengembangkan usahanya (pinjam-meminjam alias rentenir). Ayah Sun Fan tidak mengetahui bahwa You Tong adalah salah satu nasabahnya dan You Tong pun menyembunyikannya. Ayah Sun Fan meminta You Tong bekerja di tempatnya dengan imbalan gaji yang besar. You tong pun menyanggupinya. Sementara Sun Fan yang dipaksa ayahnya untuk bekerja di usaha tersebut sekarang menjadi manajer yang membawahi You Tong. Sun Fan tidak mengenali You Tong yang telah menipunya saat dahulu ia menagih hutang. Kebersamaan mereka membuat mereka menjadi akrab.

Hubungan Sun Fan dengan Xiao Zen sendiri tidak direstui oleh ibu Xiao Zen karena pekerjaan Sun Fan yang tidak menghasilkan banyak uang. Kasus Sun Fan dan Zi Haou yang (dikira) memperebutkan Xiao Zen dimanfaatkan sang ibu untuk meningkatkan popularitas Xiao Zen. Pada saat yang sama Zi Haou marah besar karena kasusnya membuat Sun Fan menjadi terkenal. Ia tidak suka bila ada namanya dimanfaatkan untuk mempopulerkan orang lain, apalagi orang yang dibencinya (karena telah memukulnya). Zi Haou pun memutuskan untuk mendekati Xiao Zen. Ia berencana mengorbitkan Xiao Zen lewat perusahaannya dengan syarat Xiao Zen harus berpisah dengan Sun Fan. Atas desakan ibunya, Xiao Zen pun menyetujuinya.

Kisahnya menjadi menarik ketika pada akhirnya Sun Fan benar-benar menjadi terkenal. Sun Fan bahkan bersaing peran dengan Zi Haou untuk sebuah film kungfu yang diproduseri dan disutradai oleh sutradara terkenal yang menjadi idola keduanya. Sun Fan bertekat melampaui Zi Haou sebagai upaya balas dendam karena telah merebut kekasihnya. Sementara Zi Haou bersikap acuh tak acuh, dia lebih khawatir tentang perusahaannya yang mengalami kebangkrutan gara-gara penggelapan uang oleh manajernya. Zi Haou sendiri diceritakan sebagai seorang yang menutup hatinya karena dibuang oleh kedua orang tuanya semasa kecil. Sejak itu, ia tidak percaya lagi dengan cinta dan membuat dinding di hatinya. Pada akhirnya, Zi Haou jatuh cinta pada You Tong yang selalu mendukungnya dari kecil (You Tong adalah teman masa kecil Zi Haou). Pada saat itu, You Tong sudah jatuh cinta pada Sun Fan karena ketulusan hati dan kesetiaan Sun Fan.

Menurut gue, kekuatan serial ini ada pada tiga faktor, yang pertama adalah keberadaan Baron Chen yang memerankan Sun Fan. Di kehidupan nyata, Baron Chen adalah anak seorang mafia besar di Taiwan. Ayahnya terkenal dan disegani di dunia mafia Taiwan. Makanya perannya sebagai seorang anak rentenir di sini sangat dekat dengan dirinya. Baron Chen sendiri sangat menghormati ayahnya yang sudah meninggal walau banyak orang yang membenci ayahnya itu. Ayah Baron Chen terkenal memiliki banyak istri dan anak yang berebut kekuasaan. Saat kecil, Ibu Baron Chen memilih bercerai dari ayahnya dengan membawanya serta, ibunya tidak menginginkan Baron dekat dengan kehidupan mafia. Berbeda dengan kehidupan nyata Baron, ibu Sun Fan memilih meninggalkannya dan membentuk keluarga baru di Cina. Daya tarik terbesar Baron adalah kemampuan kungfu dan postur badannya. Ia banyak memperlihatkan kemampuan bela dirinya disini dan membuatnya sangat menawan.

Daya tarik yang kedua adalah akting Lego Li yang cemerlang. Sosok Zi Haou yang dingin dan menutup hati benar-benar dimainkannya dengan sangat baik. Perannya sebagai Zi Haou sangat berbeda dengan peran yang ia mainkan di Honey and Clover (kapan-kapan akan gue bahas, drama ini menarik banget). Lego Li berhasil membuat Zi Haou menjadi sosok yang dibenci tetapi patut untuk dikasihani. Pada akhirnya, penonton dibuat jatuh hati pada sosoknya, kharisma Lego Li pun jauh melampaui Baron Chen. Daya tarik yang ketiga adalah skenarionya yang unik, tidak monoton. Berbeda dengan jalan cerita drama Korea yang cenderung dapat ditebak endingnya, drama Taiwan lebih rumit dan memiliki twist-twist yang membuat kita semakin penasaran (Gue inget banget ending menyebalkannya The Hospitalnya Jerry Yan). Di kisah ini diceritakan proyek film Zi Haou yang skenarionya dibuat oleh You Tong. Skenario ini berasal dari kisah You Tong dan Zi Haou yang dituangkan di blog You Tong. Proyek ini juga menjadi sarana Zi Haou untuk merebut hati You Tong.

Kelemahan serial ini sama seperti kelemahan serial-serial Taiwan pada umumnya. Berbeda dengan serial Korea yang biasa menyuguhkan konflik-konflik menarik di episode-episode awal, serial Taiwan menyuguhkan konflik-konflik itu di episode-episode pertengahan. Pada akhirnya, kemungkinan besar penonton sudah bosan terlebih dahulu sebelum menemukan bagian menariknya. Gaya bicara aktor-aktornya yang lambat juga dapat menjadi kelemahannya. Bagi kita yang terbiasa menonton serial Korea yang memiliki kebiasaan bertutur cepat dan bersuara agak keras, gaya bicara lambat ini akan sedikit membosankan. Apalagi eksekusi-eksekusi dialognya tidak semenarik dialog serial Korea. Yang patut diacungi jempol adalah pengambilan gambarnya. Memang kemampuan penyutradaraan Taiwan sudah terkenal mumpuni. Dalam hal pengambilan gambar, serial Taiwan jelas mengungguli serial Korea. Mungkin karena itu jugalah Go Hye Sun (si Geum Jan Di di BBF) bersedia menerima tawaran bermain di serial Taiwan. Go Hye Sun yang memiliki rencana karir menjadi sutradara memang sedang dalam proyek serial Taiwan bersama Wu Zun (personel Fahrenheit).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagi-bagi pendapatnya ya...